-->

Tips Joss Dan Mudah Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula



Tips Joss  Dan Mudah Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula- Bicara mengenderai sepeda motor barangkali terdengar mudah untuk sebahagian orang, tetapi untuk orang lain malah susah. Saya sendiri agak tidak cukup nyaman mengenderai motor berkopling, barangkali ini sebab tidak terbiasa. Pada artikel terdahulu mengenai Tips Mengenderai Sepeda Motor  saya telah pernah memposting Tips teknik Mengenderai Sepeda Motor Matic, nah kali ini saya bakal berbagi Tips joss dan mudah Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula.

Pada dasarnya seluruh sepeda motor mempunyai kopling melulu saja jenisnya berbeda-beda. Kopling inikan sebuah perlengkapan didalam sepeda motor maupun mobil yang bermanfaat memutus dan menghubungkan putaran dari engine ke transmisi. Nah yang dimaksud motor kopling disini ialah motor yang memakai kopling manual (ada handle kopling di setang kemudi). Kebanyakan kopling manual ini diaplikasikan pada motor sport laksana Yamaha vixion, Honda CBR, Kawasaki Ninja RR mono, dll.


Bila anda mengenderai motor bebek kamu tinggal injak tuas transmisi saja saat akan beralih gigi, urusan ini sebab adanya kopling otomatis. Namun kelemahanya tidak sedikit tenaga yang hilang di kopling otomatis tersebut. Nah maka dari tersebut semua motor sport memakai kopling manual sebagai perangkat pemindah daya. Jika kamu akan beralih gigi maka mesti memainkan tuas kopling yang terdapat di setang kemudi. Selain tersebut perbedaan lainya ialah pola pemindahan gigi. Pada lazimnya sepeda motor yang memakai kopling manual mempunyai pola eksodus gigi 1-N-2-3-4-5. Nah guna pindah dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi ke depan, untuk beralih ke gigi 2 sampai 5 gerakan ke belakang.

Nah bagi kamu yang penasaran bagaimana mengenderai Sepeda Motor berkopling, inilah kami sajikan teknik mengendarai motor kopling dengan gampang seperti yang saya kutip dari salah satu artikel blog

  1. Putar kunci kontak pada posisi “ON”
  2. Lebih baik posisikan transmisi pada posisi netral dengan ditandai menyalanya lampu indicator (biasanya berwarna hijau) lantas tekanlah tombol starter. Yang perlu diacuhkan dalam mengurangi tombol starter ini tidak boleh terlalu lama, maksimal 3 detik. Karena andai terlalu lama dapat menyebabkan aki tekor.
  3. Bagi menjalankan motor masukan gigi transmisi ke posisi gear 1. Caranya tarik terlebih dahulu handle kopling, baru injak tuas transmisi kearah depan.
  4. Inilah yang banyak sekali orang yang baru belajar mengemudikan motor kopling kesulitan. Saat bakal berjalan seringkali melepaskan tuas kopling secara mendadak, akibatnya motor langsung mati. Untuk tersebut lepaskanlah tuas kopling secara perlahan diiringi dengan memutar handle gas secara perlahan.
  5. Jika kendaraan telah berjalan maka mulailah untuk mencungkil tuas kopling/ handle rem. Setelah kendaraan berlangsung kira-kira 10 Km/ jam lakukanlah penggantian ke gear no.2. Caranya dengan mengurangi tuas kopling dan injak tuas transmisi ke belakang. Nah yang butuh diperhatikan ialah dalam mengurangi tuas kopling ini tekanlah secara sarat sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan mengerjakan demikian akan menciptakan kampas kopling sepeda motor kamu lebih awet. Untuk beralih lagi ke gigi diatasnya lakukanlah dengan teknik yang sama.
  6. Nah bila hendak berhenti, tariklah tuas kopling dan lepaskan atau putar balik handle gas serta diiringi mengurangi tuas rem.
  7. Setelah berhenti kembalikan gigi transmisi ke posisi 1, nah guna memindah ke posisi netral ungkit tuas transmisi ½ saja, andai penuh maka bakal kembali ke gear 2 lagi.
  8. Setelah gigi transmisi ke posisi netral, kamu boleh mencungkil tuas kopling dan lantas memutar kunci kontak ke posisi “off”

Sekian artikel singkat mengenai langkah-langkah dalam mengemudikan motor kopling. Dengan pelajaran secara terus menerus, kamu pasti dapat mengendarai motor kopling dengan benar. Semoga bermanfaat untuk Anda pembaca sekalian.
                                                                                               

0 Response to "Tips Joss Dan Mudah Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel