-->

Penyebab Dan Tips Cara Mengatasi Karburator Banjir



Penyebab Dan Tips Cara Mengatasi Karburator Banjir- Pada artikel dengan kupasan bersangkutan Karburator, Blog Balemoto pernah memposting Tips Mengatasi Motor Mogok ketika banjir silahkan dibaca untuk yang belum singgah. Nah kali ini kami bakal berbagi artikel Penyebab Dan Tips Cara Mengatasi Karburator Banjir. 


Memang tidak dapat dipungkiri suatu ketika nanti pemakaian karburator guna motor dapat jadi menghilang seiring gejala sekarang ini tampak dimana nyaris semua sepeda motor keluaran teranyar sudah memakai sistem injeksi, tetapi pemakai sepeda motor yang memakai karburator masih jauh lebih banyak. Karburator pada sepeda motor bermanfaat untuk mengkabutkan bahan bakar dalam urusan ini ialah bensin ke dalam silinder. Jika umur pemakainya telah lama, tidak jarang kali timbul sejumlah masalah pada karburator. Salah satu masalah yang tidak jarang ditemui ialah karburator banjir atau bensin yang terdapat didalamnya meluap. Lalu apa penyebab karburator banjir ini?

Penyebab Karburator Banjir
Penyebab Karburator banjir ialah needle valve yang tidak memblokir secara sempurna. Di unsur bawah karburator terdapat suatu ruang pelampung yang dipakai untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya terdapat suatu pelampung yang terhubung dengan needle valve. Needle valve ini bermanfaat sebagai katup untuk memblokir dan membuka aliran bensin dari tangki ke karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka needle valve bakal membuka sampai-sampai bensin dapat mengalir. Sedangkan pada ketika ruang pelampung telah terisi sarat oleh bensin, maka needle valve akan memblokir saluran tersebut. Jadi andai pada ketika ruang pelampung telah penuh tetapi needle valve tidak memblokir secara sempurna maka otomatis bensin bakal meluap atau yang dikenal dengan karburator banjir.

Cara Mengatasi Karburator Banjir
Cara menanggulangi karburator banjir sebenarnya lumayan mudah, silahkan ikuti tahapan berikut, tetapi bila Anda tidak cukup yakin terdapat baiknya membawanya ke bengkel terdekat :

  1. Pertama-tama lepas karburator dari silinder head dengan melepas kedua bautnya dibuntuti melepas kabel gas dan kabel cuk. Namun sebelum tersebut jika kamu masih memakai filter udara standar lepas terlebih dahulu filter tersebut supaya memudahkan dalam melepas karburator.
  2. Setelah karburator terlepas dilanjutkan dengan membongkarnya dengan teknik melepas keempat baut yang terdapat dibagian bawah.
  3. Jika telah buka ruang pelampung maka bakal terlihat suatu pelampung yang tercipta dari bahan plastic. Lepaskan pelampung itu dengan teknik menarik terbit sindiknya, maka pelampung bakal terlepas bareng needle valve.
  4. Selanjutnya ialah melakukan penyetelan dengan teknik membengkokan keatas (sedikit saja) logam yang dipakai untuk dudukan needle valve.
  5. Jika telah pasanglah pulang pelampung beserta needle valvenya dan kerjakan pengecekan dengan teknik meniup lubang masuk (yang bersangkutan dengan selang bensin), dan gerakan pelampung keatas dan kebawah. Pastikan bahwa saat pelampung sedang di bawah, needle valve tersingkap penuh, dan saat posisi pelampung sejajar needle valve dapat memblokir penuh. Jika belum pas, kerjakan penyetelan ulang.
  6. Sebelum dipasang kembali kerjakan pembersihan khususnya pada spuyernya. Dalam membersihkanya kamu bisa memakai karburator cleaner kemudian dipancar dengan udara bertekanan.

Sekian artikel Penyebab Dan Tips Cara Mengatasi Karburator Banjir, semoga bermanfaat untuk pembaca Tips Sepeda Motor sekalian.

0 Response to "Penyebab Dan Tips Cara Mengatasi Karburator Banjir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel