-->

Grand Filano Hybrid; Skutik hibrida Terbaru dari Yamaha

Skutik retro terbaru, Yamaha Grand Filano Hybrid, meluncur di Thailand. Motor ini dijual mulai 62.000 Baht atau setara Rp 24 jutaan.

Sumber dok. google.com

Dari sisi tampilan, versi hibrida ini tidak terlalu beda dibanding konvensional. Tema klasik masih ditonjolkan lewat tubuh gemuk membulat, pelek kecil, ban lebar dan jok lebar. Meski secara tampilan tidak berubah banyak, Grand Filano Hybrid unggul lantaran punya dua sumber tenaga. Yamaha tidak cuma membekali mesin 125 cc berbahan bakar minyak sebagai penyokong. Ada tambahan smart motor generator (SMG), yang ditenagai baterai untuk dorongan performa lebih istimewa.
"Sistem hibrida membantu memberikan kinerja semakin baik dengan smart motor generator (SMG) yand diperintahkan oleh SGCU untuk menghasilkan output lebih cepat dan menghemat bahan bakar selama tuas gas diputar," seperti dikutip dari laman resmi Yamaha Thailand.

Jika melihat penjelasan di atas, agaknya cara kerja sistem hibrida tidak berbeda dari Honda PCX Hybrid. Sayangnya, soal spesifikasi baterai serta limpahan tenaga tambahan yang bisa diberikan SMG, tidak mereka jelaskan lebih lanjut.
Khusus irit, Grand Filano Hybrid diklaim mampu membukukan 55,5 Kpl. Dengan kata lain, hampir 5 Kpl lebih baik dibanding versi konvensional. Tidak hanya itu keunggulannya, Yamaha juga memberi berbagai fitur modern di varian hibrida ini. Salah satunya lewat panel instrumen kombinasi analog dan layar TFT. Beda dengan layar digital, TFT lebih istimewa lantaran mampu memberi informasi ke pengendara secara atraktif lewat gambar warna-warni.

Fitur lain, ada sistem pencahayaan LED di lampu depan dan belakang. Guna LED, selain hemat daya, juga meningkatkan visibilitas berkendara terutama di malam hari. Disematkan pula keyless yang menggantikan anak kunci konvensional sebagai standar keamanan. Tak ketinggalan power charger yang berfungsi mengisi daya baterai smartphone selama perjalanan.
Tersedia pula fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS) sebagai opsi. Harganya tentu lebih mahal, sekitar Rp 3 jutaan dibanding non-ABS. Guna ABS, mencegah roda terkunci ketika pengereman mendadak, sehingga pengendara punya kesempatan menghindar dari potensi kecelakaan.
Apa kurangnya Grand Filano Hybrid dibanding versi konvensional? Ruang bagasi lebih sempit, karena dipakai sebagian untuk tempat baterai. Meski demikian, di dalamnya tetap mampu memuat helm half face.


0 Response to "Grand Filano Hybrid; Skutik hibrida Terbaru dari Yamaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel