-->

Lampu Led Motor Redup? Inilah Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi seperti sekarang ini, segala aspek kehidupan pun secara keseluruhan atau secara global ikut juga berkembang untuk mengikuti perkembangan yang ada. Tak dapat dipungkiri perkembangan teknologi tersebut telah memberikan dampak positif yang sanagt bisa dirasakan oleh setiap masyarakat.

Tetapi selain  dampak positifnya, sudah barang tentu ada sisi negatif nya juga yang sebaiknya harus kita antisipasi ya sobat, tergantung dari sudut pandang kita masing – masing untuk menilai perkembangan teknologi tersebut.

Bericara mengenai teknologi, tidak terlepas di dalamnya adalah teknologi yang kini banyak diterapkan pada kendaraan roda dua atau kendaraan motor. Iya , pasalnya teknologi yang kini di usung atau digunakan oleh pabrikan motor semakin hari semakin canggih untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Hal ini tentunya sudah pasti dilakukan oleh kebanyakan pabrikan motor, karena semakin hari semakin banyak competitor yang berlomba – lomba untuk menciptakan inovasi atau gagasan dengan ide cemerlang demi menghasilkan produk – produk yang semakin diminati oleh para konsumen.

Ilustrasi Gambar Lampu Led Motor

Penyebab Lampu Led Motor Redup

Salah satu teknologi yang kini ada pada kendaraan roda dua adalah sistem lampu yang menggunakan LED pada bohlam motor. Iya, karena dirasa lebih canggih dan lebh efisien dari apda jenis lampu yang biasanya, jenis lampu ini dinilai lebih unggul dan lebih hemat jika dibandingkan dengan lampu yang sejenis. Oleh karena hal itulah jenis lampu LED ini lebih banyak digunakan oleh pabrikan motor sekarang ini.

Tetapi sobat, walupun disebut sebagai lampu yang lebih unggul diantara jenis lampu yang lainnya, bukan berarti jenis lampu LED ini tidak memiliki kekurangan atau bukan berarti tidak pernah mengalami masalah ketika sudah digunakan oleh konsumen nya. Salah satu masalah yang biasanya sering terjadi pada lampu jenis LED ini adalah redup, tidak jauh berbeda dengan jenis lampu yang lainnya. penyebab lampu motor mati semua juga bisa terjadi karena lampu LED mulai meredup.
Dalam kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi bagi sobat semua tentang apa saja yang menjadi penyebab lampu LED motor redup. Yuk sobat mari kita langsung simak saja pemaparan berikut ini dengan seksama.

1. Batas Usia Lampu LED

Penyebab lampu LED motor redup yang pertama ialah batas usia. Walaupun jenis lampu LED, tetapi jenis lampu ini juga mempunyai masa waktu pemakaian atau “ life time “ tersendiri. Normlanya lampu jenis LED ini mempunyai masa waktu pemakaian selama 30. 000 jam. Nah sobat, apabila anda merasa pemakaian lampu jenis LED anda sudah mencapai angka 30. 000 jam, jangan bertanya – tanya atau jangan salahkan lampu LED anda jika dia redup ya sobat, karena memang batas usia atau batas pemakaiannya sudah berakhir.

2. Arus yang Tidak Sesuai Saat Penerimaan

Penyebab lampu LED motor redup yang kedua ialah arus yang tidak sesuai. Pada umumnya arus maksimal yang bisa diterima oleh lampu LED adalah sebesar 20 mA. Apabila arus yang diterimanya melebihi batas maksimalnya maka sudah dapat dipastikan lampu LED sebagus apapun yang anda miliki akan redup pada saat anda gunakan, atau bahkan bisa mati sama sekali sobat.

Jadi disarankan bagi sobat semua yang memang menggunakan lampu jenis LED di motor anda, sebelum memasang atau menggantinya pastikan arus yang akan anda salurkan tidak melebihi batas maskimalnya ya sobat, karena pada kebanyakan kasus sistem pengaturan arus tidak terlalu diperhatikan oleh pengunanya, sehingga menyebabkan lampu LED nya bisa redup atau bahakan mati sama sekali. Arus yang tepat tentu saja akan memaksimalkan fungsi lampu tembak jarak dekat dan jarak jauh yang dihasilkan.

3. Tidak Melakukan Pemasangan Modul Khusus Pada Motor

Sebelum memasang lampu LED pada motor anda, anda tidak terlebih dahulu memasang perangkat modul khusus pada motor anda. Perangkat ini merupakan komponen atau perangkat yang mengatur agar sistem arus kelistrikan motor anda dapat diterima dengan baik oleh lampu jenis LED ini.

Cara kerja modul khusus ini adalah dengan cara menstabilkan arus listrik yang masuk yang nantinya akan diterima oleh lampu LED sesuai dengan kapasitas dan kebutuhannya. Jika sebelumnya anda tidak memasang modul khusus ini, dapat dipastikan arus yang akan masuk ke lampu LED anda tidak akan beraturan yang dapat mengakibatkan lampu tersebut redup yang berujung pada kematian total.

4. Modul Khusus Tidak Berdampingan dengan Heatsink

Pastikan pada saat anda memasang modul khusus tersebut, pastikan memasangnya berdampingan atau menempel pada part yang berfungsi sebagai pendingin atau disebut juga dengan heatsink, yang biasanya terbuat dari aluminium. Apabila anda memasang modul khusus tersebut tetapi tidak berdampingan atau menempel apda part pendingin tersebut, percuma saja sobat, karena biasanya modul tersebut bisa saja mati dikarenakan oleh over heating. Jadi untuk menghindari hal tersebut pastikan anda menempelkan modul tersebut pada part pendingin atau heatsink ya sobat.

5. Adanya Korsleting Pada Bagian Kabel

Terjadinya korsleting pada kabel yang menuju ke modul LED yang terapat pada motor anda. Salah satu penyebab redup atau amtinya lampu LED pada motor anda adalah dikarenkan oleh kabel yang korsleting. Untuk mengnatisipasi hal ini terjadi, sebaiknya anda menggunakan pengaman berupa sekring, sebelum kabel bodi masuk ke kodul khusus yang akan anda pasang pada motor anda. Jika anda sudah menggunakan pengaman ini, sedikit mungkin dapat meminimalisir kerusakan yang akan terjadi apda lampu LED anda ya sobat.

6. Nilai Resistor yang Lebih Besar

Nilai resistor yang ada pada bohlam jenis LED yang akan anda gunakan bernilai lebih besar dari pada kapasitas lampu LED itu sendiri, sehingga lampu LED nya tidak untuk menahan arus yang diterimanya, sehingga lama kelamaan lampu Led tersebut akan redup bahkan amti secara perlahan.

7. Tidak Melakukan Perawatan Secara Rutin

Penyebab lampu LED motor redup yang terakhir karena kurangnya perawatan. Seperti yang pernah penulis sampaikan pada artikel sebelumnya sobat, semua benda apapun yang harga semahal apapun tetapi apabila tidak dijaga dan tidak dirawat dengan baik pastinya tidak akan awet atau tidak akan bertahan lama sesuai dengan life time yang sudah ditentukan dari pabrikannya.

Begitupun dengan lampu LED atau bagian dari motor anda yang lainnya sebaiknya anda lakukan perawatan dan pengecdekan secara berkala ya sobat agar kinerja atau performanya tetap terjaga. Sudah selayaknya perawatan wajib diperhatikan karena cara merawat lampu secara umum sama dengan cara merawat mesin motor matic. Yang terpenting pahami langkahnya dengan baik.

Oke sobat semua, sekian informasi yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab lampu LED motor redup, semoga apa yang sudah penulis utarakan dalam ulasan diatas dapat memberikan manfaat bagi sobat semua dan tentunya menambah wawasan anda. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya sobat. Salam hangat dan salam otomotif sobat semua.



0 Response to "Lampu Led Motor Redup? Inilah Penyebab dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel